Hukum Ngefans Artis/Idola Secara Berlebihan

July112013
Assalamu'alaikum..

Sudah lama saya tidak post di blog, akhirnya pada kesempatan kali ini saya bisa ngeblog lagi dan saya akan sedikit menulis artikel tentang Hukum Ngefans Artis/Idola Secara Berlebihan. Hmm.. kenapa saya akan membahas hal itu? Karena memang sekarang di jaman modern dengan teknologi yang semakin canggih pemuda-pemudi pasti dengan mudahnya menemukan hiburan. Dan tanpa disadari pemuda-pemudi muslim lebih suka mengidolakan artis yang non-muslim daripada orang muslim, apalagi sampai berlebihan seperti mengoleksi poster, foto, maupun atribut-atribut khasnya, bahkan sampai ribuan koleksipun baik yang murah sampai yang mahalpun dicari demi kecintaannya kepada sang idola.

Manakala seseorang memiliki fanatisme yang berlebihan terhadap golongan sehingga segala pertimbangan dan penilaian terhadap sesuatu berdasarkan golongannya, bukan berdasarkan nilai-nilai kebenaran, maka hal ini sudah tidak bisa dibenarkan, inilah yang disebut dengan ashabiyah yang sangat dilarang di dalam Islam, apalagi bila seseorang sampai mengajak orang lain untuk bersikap demikian, lebih-lebih bila seseorang siap mati untuk semua itu, maka Rasulullah SAW. tidak mau mengakui orang yang demikian itu sebagai umatnya, hal ini terdapat dalam hadits Nabi Saw :

"Bukan golongan kami orang yang menyeru kepada ashabiyah, bukan golongan kami orang yang berperang atas ashabiyah dan bukan golongan kami orang yang mati atas ashabiyah (HR. Abu Daud)"

"Barangsiapa yang menyerupai (penampilan) suatu kaum, maka ia adalah bagian dari mereka (HR. Abu Daud)"

Jika kalian perhatikan dua hadis diatas, Rasulullah SAW. tidak main-main, apalagi hadis yang kedua kalau kita bukan umat Rasulullah lalu kita umat siapa? Naudzubillahi mindzalik.. Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Kesimpulannya, boleh mengidolakan seseorang baik yang muslim maupun non-muslim asalkan pada batas dan kewajaran tertentu. Wallahu a'lam

Semoga artikel ini bermanfaat smile Wassalamu'alaikum..
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

2 responses to "Hukum Ngefans Artis/Idola Secara Berlebihan"

Ahmad Whydoerie on 01:09 AM, 12-Oct-13

Idolaku nabillah Muhammad saw

Khadiq18 Blog on 07:10 AM, 17-Oct-13

hehehe... betul sob

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images


 
Back to Top